Cara Riset Keyword Menggunakan Google Adwords - Keyword Google Planer

CARA RISET KEYWORD MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS


Riset keyword merupakan hal yang berperan paling penting dalam upaya SEO yang dilakukan oleh webmaster, karena bisa dikatakan gagal atau suksesnya SEO sebuah website adalah tergantung dari pemilihan keyword/kata kunci yang tepat.

Dalam memilih keyword tidak haruslah keyword yang populer denngan pencarian terbanya karena biasanya keyword yang seperti ini sainganya terlalu ketat. Untuk website baru sebaiknya pilih keyword yang menengah dengan persaingan sedikit namun lebih efektiv mendatangkan trafic ketimbang keyword populer namun website terlalu sulit untuk bersaing sehingga malah menjadi tidak efisien.

CARA MENGGUNALAN GOOGLE ADWORDS - KEYWORD PLANER


  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar ke Google Adwords menggunakan Email Google anda
  • Pilih menu  "Tools" 
  • Pilih menu " Google Keyword Planer "


  • Di laman berikutnya akan dibawa pada menu pilihan pencarian kata kunci
  • Pilih menu " Search For A New Keyword Ad And Group Ideas "


  • Untuk selanjutnya masukan kata kunci yang berhubungan dengan website anda dikolom yang tersedia
  • Jangan lupa pilih kategori yang sesuai dengan website anda juga
  • Pilih target lokasi dan juga bahasa untuk keyword yang ingin anda bidik
  • Jika sudah klik " Get Ideas "


  • Setelah itu akan muncul result atau hasil analisa trend pencarian dari keyword yang kita cari.
  • Untuk mencari Keyword yang sesuai, klok kolom "Keyword Ideas"
  • Disana anda dapat melihat kata beberapa kata kunci dengan Trend Volume Penelusuran dalam kurun waktu tertentu dan salah satu dari keyword inilah yang bisa kita pakai untuk membuat judul artikel, memasukan kedalam Meta Tag, ataupun membuat nama blog atau website.
  • Anda juga bisa mendownload kata kunci tersebut dengan mengklik tombol "Download" yang nantinya akan terunduh dengan file berformat CSV untuk Microsoft Exel.

CARA MEMBIDIK KEYWORD YANG TEPAT


Setelah kita berhasil mencari beberapa keyword langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih keyword tersebut, namun sebelum anda memilih keyword sebaiknya anda mempertimbangkan berbagai hal seperti popularitas dan juga persaingan keyword berikut adalah tips yang mungkin berguna pada saat akan memilih keyword

  1. Untuk blog baru sebaiknya jangan memilih keyword dengan trend pencarian paling tinggi, pilihlah dengan jumlah dibawah 1 juta pencarian
  2. Jangan membidik keyword dengan persaingan tinggi
  3. Gabungkan antara Keyword Global denag Keyword Tertarget,
    Keyword Global adalah keyword umum yang biasanya paling banyak digunakan dan belum menjurus pada sesuatu yang lebis spesifik. Menggunakan Keyword seperti ini sebaiknya di hindari karena keyword global biasanya sudah dikuasai websire-website besar.
    Keyword Tertarget adalah keyword yang lebih spesifik dan biasanya sudah menjurus kepada bidang tertentu. Keyword jenis ini biasanya lebih potensial mendatangkan trafic.
  4. Gabungkan juga Keyword Populer dengan Keyword Kurang Populer
    Selain mengabungkan Keyword Glogal dan Keyword Tertarget anda juga bisa menggabungkan antara Keyword Populer dan Kurang Populer, cara menganalisa kepopuleran sebuah keyword adalah dengan menggunakan search enggine Google disana akan terlihat, Jika resultnya banyak berati Keyword tersebut termasuk keyword populer dan begitu juga sebaliknya.

Yang terakhir adalah mengimplementasikan keyword tersebut kedalam website anda. Kata kunci ini dapat anda gunakan untuk membuat Judul sebuah website, memasukan kedalam Meta Tag digunakan sebagai judul artikel, judul laman, sebagai kategori, tag dll.

Namun yang harus anda perhatikan disini adalah diantara penempatan keyword satu seperti di Laman atau kategori atau dimanapun harus terkait dengan keyword utama anda dan jangan berpindah-pindah keyword. Intinya dari kata kunci satu ke kata kunci lainya harus saling berkaitan dengan begitu website anda diharapkan akan menjadi lebih SEO dan mampu menempati serp.

" Cara Riset Keyword Menggunakan Google Adwords - Keyword Google Planer "