Thursday, September 1, 2016

Cara Mengatasi Lupa Password BIOS Laptop / PC - Reset Password BIOS

CARA MENGATASI LUPA PASSWORD BIOS LAPTOP / PC

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System yang merupakan suatu software yang ditulis dalam bassic assembly point, fungsi dari BIOS ini adalah menagtur system dasar dari perangkat keras (hardware) dari sebuah komputer. BIOS biasanya tertanan dalam Chip Memory ( ROM ataupun Flas Memory ) yang berbahan Complimateril Metal Oxide Semiconductor (CMOS).

CMOS ini biasanya terdapat pada sebuah Motherboard pada komputer yang biasanya disebut sebagai baterey yang berfungsi agar tanggal dan setingan lainya yang telah kita set tetap kembali ke setingan semula meskipun komputer tersebut kita matikan.

FUNGSI BIOS LAPTOP / KOMPUTER

  1. Mengatur setingan setandar seperti tanggal, jam, hardisk, flopy disk dsb
  2. Mengatur setingan fasilitas BIOS seperti mengatur booting, mencegah virus, mengatur CACHE pada CPU, Mengatur kinerja CPU.
  3. Mengatur setingan Chpset, BIOS disini berfungsi menyediakan menu untuk onfigurasi - konfigurasi yang disediakan oleh Chipset, seperti misalnya timing memory. Fasilitas ini juga berpengaruh dalam kinerja komputer secara keseluruhan
  4. Power Management Setup, fungsi ini adalah mengatur kinerja-kinerja perangkat sehingga memungkinkan komputer untuk lebih menghemat energi, sperti mengatur kinerja Hardisk dan VGA Monitor sehingga batrey yang digunakan lebih efisien
  5. Membuat dan mengatur user password yang biasanya berfungsi saat booting dan biasanya proses booting tidak akan terlaksana jika tanpa pasword yang telah diseting sebelumnya
  6. Exit Without Saving, fasilitas ini memungkinkan anda untuk melanjutkan proses kerja komputer saat tiba-tiba komputer mati karena kehabisan daya dsb.
  7. Troubleshooting. Fasilitas ini adalah yang paling penting karena memungkinkan komputer untuk mendeteksi serta memperbaiki kerusaan system pada komputer.
Selain fungsi - fungsi diatas sebenarnya masih banyak lagi fungsi BIOS lainya namun tidak semua BIOS dikomputer itu memiliki fitur dan fasilitas yang sama karena semakin berkembangnya IT memungkinkan fasilitas BIOS juga ikut berkembang namun yang harus anda tahu bahwa BIOS ini merupakan bagian yang sangat Vital pada perangkat komputer.

CARA RESET PASSWORD BIOS LAPTOP / KOMPUTER


Jika anda pernah memasukan password pada BIOS anda namun anda lupa dengan password tersebut maka yang harus dilakukan adalah meresetnya dengan melepas batrey CMOS ataupun dengan membuka DOS pada saat pertama Booting untuk cara selengkapnya adalah sebagai berikut :

#1. CARA RESET PASSWORD BIOS DENGAN MELEPAS BATTERY CMOS

Cara pertama untuk mengatasi salah password karena lupa adalah dengan mengakali battery CMOS karena battery ini adalah berfungsi untuk menyimpan konfigurasi BIOS jadi dengan mengakali battery CMOS ini anda maka password BIOS anda akan terhapus dan tidak berpassword lagi.

1.1 Mereset BIOS dengan jumper CMOS Motherboard
Untuk semua PC biasanya ada yang namanya jumper CMOS yang letaknya biasanya berdekatan dengan Battry CMOS. Terdapat 3 pin yang bisa kita jumper menggunakan kabel atau alat berbahan logam lainya.

Lepaskan jumper kemudianpasang antara pin ditengah dengan pin lain yang berlawanan. Misalnya pin ditengah berhubungan denga pin disebelah kiri, maka lepas jumper dan pasang kembali dengan pin di sebelah kanan, tunggu beberapa saat kemudian kembalikan lagi pin tersebut kesebelah kiri atau seperti semula






1.2 Mereset BIOS dengan melepas dan memasang kembali battry CMOS
Cara ini memang tidak terlalu rumit anda hanya tinggal melepas battry CMOS kurang lebih selama 10 menit atau lebih kemudian memasngkanya kembali. Namun yang harus diperhatikan disini adalah pastikan power pc atau laptop anda tidak terhubung dan dalam keadaan mati pada saat melepas CMOS.





#2. CARA MERESET PASSWORD BIOS DENGAN DOS

  1. Hidupkan laptop atau komputer
  2. Jalankan mode DOS dengan menekan F8 atau tombol lainya ( tergantung pabrikan )
  3. Pilih " Command Prompot Only "
  4. Ketik " DEBUG " di bagian C:\> lalu tekan " Enter "
  5. Selanjutnya akan muncul (-) pada DEBUG Prompt
  6. Ketik " : 0 70 2e " sehingga DEBUG Prompt akan tampil seperti " -0  07 2e " selanjutnya tekan " Enter "
  7. Selanjutnya ketik " : 0 71 ff " dan tekan " Enter "
  8. Keluar dari DEBUG dengan Ketik " Q " lalu tekan " Enter "
  9. Kembali ke C:\> Prompt
  10. Langkah terakhir adalah Restar kembali komputer anda



Memberi passsword pada BIOS memang dapat melindungi privacy anda namun adakalanya ini menjadi boomerang yang justru membuat anda kalang-kabut mencari solusi. Semoga coretan saya kali ini dapat membantu ataupun dapat menjadi refrensi bagi anda dalam mengatasi masalah pada laptop atau komputer anda. terima kasih dan SALAM !

0 komentar