Penyebab Laptop Lelet & Cara Mengatasinya

PENYEBAB LAPTOP LELET & CARA MENGATASINYA

Mengatasi Laptop Lelet - Laptop merupakan Gadget yang sangat berguna baik itu untuk menunjang kebutuhan kerja ataupun untuk kebutuhan hiburan, namun adakalanya laptop kesayangan kita tiba-tiba mengalami penunrunan performa atau lelet, pasti ini akan sangat menjengkelkan apalagi ketika kita sedanng dikejar deadline dsb.

Namun jangan panik atau khawatir karena kali ini saya akan berbagi tentang cara mengatasi performa laptop yang lelet atau lemot, silahkan disimak :


01. Kapasitas RAM Mulai Mengecil

RAM - Merupakan bagian paling pentin dalam pemrosesan data karena di RAM inilah semua aktifitas program / aplikasi diakses atau dijalankan jadi sudah pasti besar kecilnya RAM yang sobat miliki juga akan sangat berpengarus terhadap kecepatan proses Laptop sobat.

Untuk cara mengatasinya sobat bisa menambah kapasitas RAM, belilah RAM berkualitas baik sesuai kebutan sobat. Atau bila tidak memungkinkan untuk menambah RAM, untuk mengatasi lelet akibat komponen yang satu ini sobat bisa menghapus Aplikasi yang ukuranya melebihi kapasitas RAM.

02. Hard Drive Yang Mulai Melemah

Penyebab laptop lelet salah satunya juga bisa disebabkan karena Hard Drive sobat sudah tua atau usang, selain itu Hard Drive ini juga rawan rusak seperti ketika terjadi benturan atau terjadi goncangan. 

Periksa kondisi Hard Drive sobat dan pastikan kondisinya masih bagus, jika sobat tidak paham sobat bisa memeriksakanya ke tempat Service. Jika kondisinya sudah mulai melemah sobat bisa ganti dengan yang kapasitasnya lebih besar dengan jenis SSD (Solid Sate Drive) karena Hard drive jenis ini biasanya lebih awet dan juga memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan hard drive dengan jenis HDD.

03. Data & Program Tak Terpakai Menumpuk


Selain usia dan kondisi Hard Drive, memori bebas atau terpakainya sebuah Hard Drive juga mempengaruhi performa Laptop sobat jadi, jika kapasitas penyimpanan Hard Drive sobat sudah mendekati limit karena terlalu banyak File atau aplikasi yang tidak terpakai lagi sebaiknya sobat bersihkan saja.

Sobat bisa Back-up file-file sobat kedalam Flashdisk agar bisa digunakan lagu suatu saat dan juga hapus aplikasi yang memang sudah tidak diperlukan lagi

04. Fitur Update Windows Otomatis


Update otomatis memang dapat menurunkan performa laptop secara tiba-tiba karena selain memakan waktu yang cukup update ini juga menguras kuota lho. Update Software memang memberikan pembaruan-pembaruan yang mungkin akan menambah fitur baru yang lebih canggih namun tampa sadar ini juga akan semakin memenuhi kapasitas Hard Drive karena software sobat yang baru diupdate tentu akan menjadi lebih besar.

Sobat dapat mematikan Update Software dengan cara masuk ke menu "Setting" kenudian pilih "Windows Update" .

05. Teralu Banyak Multi-Tasking


Multitasking atau membuka beberapa program secara bersamaan juga dapat menurunkan performa Laptop sobat, jadi tutuplah aplikasi yag sobat Minimaze atau sudah tidak sobat ingin pakai lagi. Gunakan secara bergantian agar RAM pada laptop sobat tidak bekerja terlalu keras, selain itu menutup tab yang sudah tidak terpakai atau masih berjalan ini akan lebih menghemat battery.

Baca Yang Lainya :


Dan itu beberapa penyebab Laptop mengalami penurunan performa atau lelet dan juga cara mengatasinya, semoga dapat memmbantu sobat mengatasi laptop lemot, Terima Kasih dan salam..

" Penyebab Laptop Lelet & Cara Mengatasinya "

0 Response to "Penyebab Laptop Lelet & Cara Mengatasinya "

Post a Comment